Perbandingan Antara Ms Office Dengan Open Office

windows
 

v  Kelebihan Ms Office Word:
·         hadir dalam banyak versi, sehingga memberikan banyak pilihan.
·         lebih cepat dalam hal efisiensi.
·         fitur lwbih menarik
v  Kekurangan Ms Office word:
Ø  Dokumen yang dibuat oleh Office pada versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak akan dapat terbaca  atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.
Ø  Microsoft Office juga tidak mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb, odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.
Ø  Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Office 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut
Ø  Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.
Virus tersebut memanfaatkan fasilitas makro yang memang disediakan oleh Microsoft Office. Makro adalah fasilitas untuk menambahkan script basic untuk otomatisasi dokumen. Namun ini disalahgunakan oleh banyak orang sehingga digunakan untuk merusak dokumen.
Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas.
 Linux
v  Kelebihan Open Office Writer :
 
1. Ketersediaan source code
2. Berjalan pada banyak platform
3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya.
4. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel
5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
7. Akses database yang luas dan transparan
8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office
9. Sangat customizeable
10. User interface yang konsisten antar komponen

v  Kekurangan Open Office Writer :


1.OpenOffice terkenal rakus dengan daya komputer, selalu membutuhkan komputer dengan spek yang lumayan tinggi.
2.Open Office mampu membuka file Office, tapi Office tidak bisa membuka file OpenOffice. Namun file Office yang dibuka pun terbatas, dan tidak selalu sama tampilannya bila dibuka dengan Office 2007. Kadang malah jadi berantakan.
3.Tidak ada PageArtBordernya
Translate
The Excess Points of openoffice.org
1. The availability of source code.
2. Works in many platform.
3. Compatible with Microsoft Office and other office formats.
4. OpenDocument's format is open and flexible.
5. Can be easily export to PDF or other format.
6. Has macros in many programming language.
7. Database access is wide and transparent.
8. Has wizard to convert into MS Office document.
9. Customize-able.
10. User interface is consistent between component.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Open office Base

Form adalah sebuah fitur di Open Office Base yang berguna untuk memasukkan data ke dalam database melalui tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan melalui Table. Dengan Form, Anda bisa membuat tampilan entri data yang menarik sesuai dengan kreasi Anda. Dalam artikel ini akan diberitahu cara membuat Form di program Open Office Base, berikut langkah-langkahnya.



1) Buat database baru

Anda akan melihat tampilan awal program

2) Klik tab Forms lalu klik Use Wizard to Create Form...




3) Anda akan melihat tampilan Form Wizard



4) Pada bagian Tables or queries, pilih tabel atau query yang ingin dimanajemen isinya


5) Pada bagian Available fields, pilih kolom yang ingin Anda gunakan didalam form dengan cara menekan tombol > atau tombol >> untuk memilih semuanya, tombol < untuk membatalkan pilihan dan tombol << untuk membatalkan semua pilihan.

6) Jika sudah, klik tombol Next>


7) Pada bagian Set up a subform, abaikan lalu klik tombol Next>

8) Pilih struktur form yang ingin digunakan


9) Jika sudah, klik Next>

10) Pada bagian Select the data entry mode, pilih bagaimana cara Anda mengelola data
11) Lalu klik Next>


12) Pada bagian Apply the style of your form, Anda bisa mengatur warna form
13) Setelah selesai memilih warna, klik Next>

14) Pada bagian Set the name of the form, masukkan nama form
15) Jika sudah, klik Finish


Anda akan melihat tampilan baru yang terbuka, tampilan itu adalah tampilan Form yang sudah Anda buat. Anda telah berhasil membuat Form di program Open Office Base ^,^


Jika Anda ingin membahas tentang program Open Office bersama saya dan pengunjung silahkan isi kotak komentar yang berada dibawah artikel ini ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

OpenOffice Calc


OpenOffice Calc adalah aplikasi pengganti Microsoft Excel. Dalam hal kemampuan, aplikasi freeware ini tidak kalah dibanding kompetitornya tersebut. Saat artikel ini ditulis versi terbaru dari OpenOffice adalah versi 3.0.1 yang dapat didownload dengan gratis di situsnya (openoffice.org). Ukuran file instalasinya memang cukup besar (sekitar 145 MB), kalau memakai Speedy dengan download rate sekitar 60 Kbps maka memerlukan waktu sekitar 40 menit (CMIIW).
Salah satu fasilitas yang sering saya gunakan untuk pengolahan data spreadsheet dengan Calc adalah VLOOKUP. Fasilitas ini sangat berguna untuk mencari (search) sebuah nilai (value) dari daftar master data. Sebagai contoh: kita memiliki sebuah bank data yang menyimpan ribuan record, lalu ingin mencari sebuah nilai dari bank data tersebut berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu. Coba perhatikan bank data berikut:

Misalkan kita ingin mengetahui nilai dari daftar item berikut di bulan Maret:

Maka formulanya sebagai berikut :
=VLOOKUP(A1;Sheet1.A2:D16;4;FALSE())
Dari contoh tersebut, bank data diletakkan di Sheet1 (mulai dari cell A1 sampai dengan D16). Tapi karena baris nomer 1 berisi title (judul) kolom, maka pencarian dilakukan mulai dari baris ke-2 (cell A2).
Sheet2 berisi daftar item yang hendak dicari. Formula dituliskan di sebelah cell yang hendak dicari nilainya.
Jika ada hasil yang menampilkan #N/A itu berarti kode tersebut tidak terdapat di dalam bank data. Penggunaan VLOOKUP dalam aktivitas harian bisa diterapkan dalam bermacam kasus. Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mudah dan Cepat Menguasai OpenOffice.org Writer


OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnyaterdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, webeditor, database, dan formula editing.
OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.
OpenOffice.org Writer membantu penulisan segala macam dokumen. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. Kita juga dapat menggunakan fasilitas autoCorrect yang dapat membetulkan kesalahan secara otomatis. OpenOffice.org menyediakan fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.
OpenOffice.org Writer menyediakan banyak templete untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat membuat templete sediri apabila jenis templete untuk dokumen yang ingin kita buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi templete yang sudah ada.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

=>>Perkembangan Teknologi


Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan.

Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya.

Di sisi lain, akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.

Telepon, yang pada awal ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mengarah kepada teknologi digital.

Kemudian, teknologi digital yang mulai merambah ke berbagai rancangan teknologi yang diterapkan dan digunakan oleh manusia. Facsimile, adalah salah satu batu loncatan dari pemanfaatan jaringan telekomunikasi, yang mampu memberikan konstribusi dan pemikiran, bahwa datapun mampu untuk dilewatkan melalui media telepon tersebut.






Begitu juga dengan perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II, diinstalasi dan digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia kedua. Komputer ini merupakan sebuah rangkaian elektronika lampu tabung seberat 20 ton. Perkembangannya juga cukup menakjubkan, baik dalam ukuran dan kemampuan kerjanya.

Kini, ukuran komputerpun, hanya dalam ukuran segenggam tangan. Dengan ukuran sedemikian, berbagai proses mampu diolahnya, tidak hanya untuk melakukan proses yang berhubungan dengan pengolahan perhitungan dan database, tetapi juga mampu dalam hal berkomunikasi dengan pengguna lainnya yang menggunakan perangkat yang tadinya masih merupakan pemisahan dari segi fungsi.

Protocol, merupakan salah satu yang memegang peranan kunci disini, sehingga berbagai perangkat dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Dengan adanya protocol ini, satu mesin dengan mesin lainnya dapat untuk saling berkomunikasi. Protocol merupakan suatu metoda yang mengakibatkan suatu alat dengan alat lainnya dapat saling berkomununikasi sehingga terjadilah percakapan sehingga akhirnya berjabat tangan (handshaking), dan dapat diibaratkan kesepakatan bahasa antar dua alat, yang mengakibatkan satu sama lainnya mengerti apa yang diperintahkan dan apa yang sedang diolah.

Suatu perangkat yang dihasilkan dari pabrik yang berbeda, sesuatu yang mungkin untuk ikut berperanan dalam menyemarakkan bidang teknologi informasi dan telekomunikasi ini, sebab dengan protocol yang sama, alat itupun bisa menggabungkan diri menjadi bagian dari berbagai perangkat yang ada. Begitu juga dengan bandwith, sebagai jalur data, compression, codes, dan bits, menjadi tulang punggung yang mendasar, terutama untuk perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi ini.


Dua bulan berselang setelah Neil Amstrong melangkah di bulan, terjadi suatu langkah yang besar di UCLA, sewaktu komputer pertama dikoneksikan ke ARPANET. ARPANET mengkoneksikan empat site, diantaranya UCLA, Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1977, terdapat lebih seratus mainframe dan komputer mini yang terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar masih berada di Universitas.

Dengan adanya fasilitas ini, memungkinkan dosen-dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi informasi satu dengan lainnya tanpa perlu meninggalkan komputer mereka. Saat ini, terdapat lebih dari 4.000.000 host internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara eksponensial, yang ukurannya kira-kira berlipat-ganda setiap tahunnya. Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telepon, masing-masing pihak juga dapat berkomunikasi karena menggunakan bahasa yang umum dipakai.
Jadi apakah yang dimaksud dengan Internet ? Pertama, Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Kedua, Internet adalah seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga membuat Internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga. Apakah yang mebuat hal tersebut bisa bekerja? Semua adalah karena permainan listrik dan gelombang yang akhirnya diolah sedemikian rupa. Semua berasal dari analog maupun digital.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

=>>Mengenal Microsoft Access




Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan Microsoft Access di antaranya dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.

Sebelum memulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memiliki anggapan bahwa Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya.


MEMULAI MICROSOFT ACCESS

Sebelum memulai Microsoft Access, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu database dan apa saja komponen yang ada di dalamnya.

Pengertian Tabel, Field dan Record

Seperti kita ketahui bahwa database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan. Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :






Jadi yang dimaksud dengan fields adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkanrecord adalah isian data yang dimiliki oleh tabel.

Untuk memulai Microsoft Access yaitu dimulai dengan tombol Start > Programs > Microsoft Office > MS Access 2007

Akan muncul tampilan jendela standar seperti berikut.








Pada saat Anda pertama kali menjalankan Microsoft Access maka di panel kanan terdapat Open Recent Database yang digunakan untuk membuka file database yang pernah tersimpan. Bila Anda ingin membuat File Access baru, maka Anda perlu mengklik kiri tombol Office Button yang terdapat di kiri-atas jendela Access kemudian klik New (berlogo kertas kosong)






Berikutnya ketik nama database baru tersebut di bagian kanan bawah jendela kemudian klik tombol Create





Selanjutnya Anda tinggal melakukan pengeditan pada field yang terdapat di lembar kerja dengan cara:

klik icon View > Design View, selanjutnya di dialog Save As, klik OK untuk memberi nama pada setiap field serta memberikan atribut pada setiap filed tersebut.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

=>>Cara Menginstal Red Hat Linux 9 Berbasis Text Mode




Siapkan CD redhat 9.
Berikut langkah-langkahnya :
1. Masukkan CD yang di dalamnya ada program Linux RedHat 9, kemudian atur BIOSnya tekan tombol del atau F2. Atur booting bios dengan CD-ROM sebagai boot pertama dan Hardisk pada boot ke-2 seperti pada gambar dibawah. Sesudah mengatur BIOS tekan F10 untuk menyimpan lalu tekan enter pada 'Yes'.
2. Setelah komputer merestart, Komputer akan booting otomatis Linux Redhat. Seperti gambar dibawah. Karena text mode ketik text pada boot kemudian enter.
3. Proses loading
4. Menu CD Fund pilih skip.
5. Menu Welcome to Redhat. Enter OK.
6. Pilih bahasa English.
7. Model keyboard pilih us
8. Menu mouse selection. Apakan anda ingin menggunakan mouse??? Anda harus memilih model mouse yang anda gunakan. Kemudian karena untuk text mode yang nantinya tidak akan menggunakan mouse maka pilih No-mouse dan OK.
9. Installation type. Karena digunakan untuk server saya pilih server. Silahkan pilih terserah anda
10. Disk Partitioning saya pilih Autopartition agar tidak perlu membuat partisi sendiri.
11. Pilih Yes
12. Automatic partitioning. Saya pilih Remove all Linux Partition on this system. Menghapus partisi linux yang sebelumnya ada di komputer. Kemudian OK


13. Konfirmasi pilih yes
14. Partitioning secara otomatis seperti gambar dibawah. pilih OK.
15. Pilihan Boot loader. Silahkan pilih terserah anda yang nantinya muncul setelah komputer merestart. Jangan sampai no boot loadaer, nanti tidak akan bisa digunakan linux redhatnya. Kemudian OK.


15. Boot loader isi dengan nama terserah anda misal redhat kemudian ok.
16. Boot Loader Password yaitu mengisi password boot loader yang nantinya disuruh memasukan password boot. Karena saya tidak suka repot saya kosongkan saja. Kemudian OK.
17. Boot loader pilih OK.
18. Dimana anda mengistal boot loader??? Saya polih MBR kemudian OK
20. Setting IP adress untuk LAN anda karena saya gunakan untuk server saya menggunakan 2 Lancard.
Untuk yang pertama setting lancard yang nantinya dihubungkan ke internet.
Hilangakan tanda (*) pada dhcp kemudian beri tanda (*) pada active on boot
IP Address      : 202.210.221.2 (tulis teserah yang penting kelasnya sama dengan ip gateway)
Netmask        : 255.255.255.248 ( netmask tergantung ip anda misal/29 255.255.255.248)
Default gateway    : 202.210.221.1
Primary nameserver : 202.134.1.10 (ip dns yang digunakan untuk connect internet)
Secondary nameserver : 202.134.0.155  (ip dns yang digunakan untuk connect internet)
Pilih OK.
Untuk yang kedua setting lancard yang nantinya dihubungkan ke komputer client.
Hilangakan tanda (*) pada dhcp kemudian beri tanda (*) pada active on boot
IP Address      : 192.168.21.1 (tulis teserah yang penting kelasnya sama dengan ip gateway)
Netmask        : 255.255.255.0 ( netmask tergantung ip anda misal/24 255.255.255.0)
Default gateway    : 192.168.21.1
Primary nameserver : 192.168.21.1
Pilih OK.  
 

21. Tampilan Hostname isi hostname dengan nama terserah anda.
22. Matikan firewall pilih no firewall. Kemudian OK.
 
23. Pilih bahasa English. Kemudian OK.

24. Time Zone pilih sesuai daerah anda. Saya pilih Asia/Jakarta. Dan OK.
 
25. Isi password root.
 
26. Install paket. Piliih yang sesuai kebutuhan. Kemudian OK
 
27. Installation to begin. Pilih OK.
 
28. Proses copying File.
 
29. Proses Installation pun berjalan.
 
30. Kemudian disuruh memasukkan CD 2. Masukkan CD2 dan OK.

31. Masukkan CD3 dan OK.

32. Installation complete. Tekan Enter atau OK.
 
33. Tampilan boot loader redhat yang menggunakan GRUB. Tekan Enter atau biarkan otomatis.

34. Coba Login menggunakan user anda atau root.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut