Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database
yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan
pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja
dengan Microsoft Access di antaranya dapat melakukan proses penyortiran
pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan
sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan,
dan lain sebagainya.
Sebelum memulai sebaiknya Anda
persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit
semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memiliki anggapan bahwa Microsoft
Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer
sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin
menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan
cepat untuk melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya.
MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Sebelum memulai Microsoft Access, terlebih dahulu kita
harus mengenal apa itu database dan
apa saja komponen yang ada di dalamnya.
Pengertian Tabel, Field dan Record
Seperti kita ketahui bahwa database merupakan
kumpulan dari beberapa tabel yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang
saling berhubungan. Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan fields.
Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut :
Jadi yang dimaksud dengan fields adalah
atribut yang dimiliki oleh suatu tabel. Sedangkanrecord adalah
isian data yang dimiliki oleh tabel.
Untuk memulai Microsoft Access yaitu dimulai dengan
tombol Start > Programs > Microsoft Office > MS Access 2007
Akan
muncul tampilan jendela standar seperti berikut.
Pada saat Anda
pertama kali menjalankan Microsoft Access maka di panel kanan terdapat Open
Recent Database yang digunakan untuk membuka file database yang pernah
tersimpan. Bila Anda ingin membuat File Access baru, maka Anda perlu mengklik
kiri tombol Office Button yang terdapat di kiri-atas jendela Access
kemudian klik New (berlogo kertas kosong)
Berikutnya ketik nama database baru tersebut di bagian
kanan bawah jendela kemudian klik tombol Create
Selanjutnya Anda tinggal melakukan pengeditan pada field
yang terdapat di lembar kerja dengan cara:
klik icon View > Design View,
selanjutnya di dialog Save As, klik OK untuk memberi nama pada setiap field serta
memberikan atribut pada setiap filed tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar